Header Ads

Saturday, February 2, 2019

MENUNGGU TERNYATA BERBAHAYA BAGI KESEHATAN


Menunggu merupakan aktifitas yang paling membosankan bagi semua orang. Menurut wiktionary, definisi menunggu adalah tinggal beberapa saat di suatu tempat dan berharap sesuatu akan terjadi. Banyak orang megatakan banwa menunggu adalah pekerjaan yang sangat membosankan.


Jenis Pekerjaan Banyak Menunggu

Konsekuensi setiap pekerjaan memang berbeda-beda. Ada pekerjaan yang posisi kerjanya tidak membutuhkan analisa, tapi yang dibutuhkan adalah kecepatan untuk megejar hasil yang banyak. Biasanya posisi ini berada di level operator pada industri padat karya. Sebagai contoh operator diperusahaan garmen, rokok dan lainnya. Mereka hanya melakukan sedikit aktifitas ditiap-tiap produk tetapi jumlah produk yang harus dikerjakan sangat banyak.

Ada juga pekerjaan yang sewaktu-waktu saja sibuk, yaitu pada saat banyak permintaan atau orderan. Contohnya yang dialami teman-teman yang bermitra/kerja sebagai driver sepeda motor ataupun driver mobil di perusahaan transportasi online. Jam sibuk biasanya di pagi hari antara pukul 05.00 – 09.00 wib pada saat pekerja berangkat kerja, siang hari pukul 11.30 – 13.30 wib pada saat jam makan siang dan sore hari pada saat pulang kantor pukul 16.00 -20.00 wib. Setiap daerah berbeda-beda jam sibuknya. Ini dipengaruhi oleh kondisi dan pontensialnya daerah tersebut, seperti banyaknya kantor, pabrik, pusat/tempat perbelanjaan, tempat pariwisata dan perumahan.


Belakangan ini banyak survey yang mengatakan bahwa supir transportasi online banyak yang mengeluh karena banyak waktu terbuang untuk menungu penumpang dibanding dulu pada saat profesi ini menjadi pusat perhatian banyak orang. Ini menyebabkan pendapatan mereka menurun jauh dibandingkan beberapa tahun silam. Ini disebabkan oleh beberapa hal, yaitu;

1. Over Driver di suatu daerah
Driver biasanya mengejar lokasi yang ramai dikunjungin oleh orang, seperti mall, pusat jajanan makanan, perkantoran, stasiun kereta, dan perumahan.

2. Tarif hampir sama dengan transportasi konvensional
Munculnya sistem online ini membuat pengusaha transportasi konvensional mengalami penurunan omset yang sangat drastis, hingga 70%. Sehingga pemerintah membuat batasan-batasan terhadap transportasi online agar transportasi konvensional juga bisa hidup. Walaupun menurut saya pemerintah dalam hal ini berat sebelah. Karena hanya melihat dari sisi pengusaha saja. Tidak melihat kerugian konsumen yang tadinya diuntungkan dengan service yang sangat memuaskan dan harga murah sekarang harus membayar harga sama atau bahkan kadang lebih mahal.

3. Fasilitas umum semakin memadai
Dari jaman pemerintahan presiden Jokowi dan Gubernur Ahok, transportasi umum mengalami perubahan yang sangat pesat. Bisa dikatakan sudah menyamai negara-negara maju. Harga murah, nyaman, aman dan saling terkoneksi.

Hal yang dilakukan para driver biasanya dengan cara mengejar target rit yang diberikan oleh perusaan dan waktu kerja lebih lama, menggunakan plikasi tambahan yang dapat mengelabui sistem, dan menggunakan beberapa akun di perusahaan yang berbeda.

Dampak Negatif Menunggu

Menunggu ternyata dapat menimbulkan dapak negatif dan berbahaya bagi kesehatan. Gejala ini dapat dilihat dari detak jantung yang berdegup kencang yang dapat berkembang menjadi gejala kecemasan kronis sehingga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Menurut Dr. Roger Henderson (https://www.netdoctor.co.uk/author/13849/dr-roger-henderson) mengatakan bahwa gejala-gejala stres yang disebabkan karena menunggu antrean termasuk detak jantung berdegup kencang, telapak tangan berkeringat dan sakit kepala. Kondisi tersebut dapat berkembang lebih serius menjadi kecemasan kronis, gangguan lambung dan usus, atau bahkan merusak hubungan dengan orang lain.


Solusi

Tapi jangan kawatir, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan agar anda tidak terkena dampak negatif dari menunggu, yaitu :

1. Membaca

Isi waktu luang anda dengan membaca. Membaca tidak harus melalui buku. Dengan canggihnya teknologi sekarang, anda dapat membaca melaui handphone atau komputer yang terhubung dengan internet. Bahan yang anda baca, mulailah dari hal-hal yang menarik perhatian anda, seperti olah raga/sport, gosip, informasi yang marak saat ini, politik dan lain sebagainya.

2. Main Game

GAME adalah cara yang paling ampuh mengisi waktu luang dan mengatasi rasa jenuh. Apalagi profesi anda segabai driver online, anda dapat megisi waktu kosong yang sangat membosankan itu dengan bermain game online yang bisa anda mainkan bersama teman-teman untuk medapatkan kegembiraan sambil bercanda tawa atau pada saat anda merasa kesepian. Game ini juga bisa menambah keuangan anda karena banyak bonus dan promo yang diberikan. Permainannya pun sangat lengkap, seperti permainan tebak angka, menyusun batu yang ada titik-titik yang mewakili angka dan bergambar begerak yang sangat menari serta masih banyak permainan lain yang bisa anda dapatkan sesuai dengan keiginan anda melalui agen bola100. Anda bisa mendapatkan informasi yang lengkap, cara pendaftaran, cara bermain dan cara menarik hasil kemenangan anda di situs bola100.com.


Demikian sedikit penjelasan yang bisa saya sampaikan, kiranya dapat megatasi permasalah stress yang ditimbulkan oleh aktifitas yang sangat membosankan.
Terimakasih.



No comments:

Post a Comment