Header Ads

Monday, January 28, 2019

SERING STRESS KARENA KERJAAN ? LAKUKAN INI !


Setiap orang pasti harus bekerja untuk mendapatkan penghasilan agar bisa memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya. Jenis pekerjaan atau profesi dapat dibagi menjadi dua, yaitu pekerjaan atau profesi yang aktifitasnya lebih banyak menggunakan tenaga atau otot dan profesi yang aktifitasnya lebih banyak menggunakan otak untuk berfikir.  Dari semua jenis pekerjaan ini memiliki tingkat stres yang berbeda-beda. Aga strees tidak menyerang cobalah main management waktu.

Orang-orang yang  pekerjaannya dilakukan dikantor biasanya memiliki tingkat stress yang lebih tinggi, hal ini bisa dipengaruhi oleh karyawan lebih banyak menghabiskan waktunya didalam ruangan yang tidak luas, posisi bawahan dan atasan yang secara psykologi akan membuat jarak yang cukup jauh antar manusia, tekanan yang tinggi karena dituntut untuk dapat bekerjasama dengan departemen atau bagian lain yang berhubungan dengan departemen anda.



Untuk itu anda harus bisa menagani stress yang disebabakan oleh pekerjaan maupun rutinitas. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar stress yang anda alami tidak menjadi besar.

1.  Berpikir Positif

Cobalah untuk selalu berpikir positif. Syukuri apa yang saat ini anda peroleh baik dari karir, pendapatan, maupun lingkungan tepat tinggal anda. Lakukanlah kegiatan yang dapat menyenangkan orang lain, minimal anda tidak membuat orang lain tersakiti melaui perkataan, perbuatan atau efek tidak langsung dari perbuatan anda. Selalulah mengucapkan kata-kata yang sifatnya positif, karena ini akan membuat anda lebih mudah untuk mencapai apa yang anda cita-citakan.


2.    Menghela nafas panjang

Hal satu ini memang mungkin tidak masuk akal namun secara tidak sadar ketika anda sudah pada masa stress atau depresi cobalah untuk sekali – sekali bernafas dalam – dalam. Cara ini dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks.


3.    Tertawa

 Ketika pekerjaan membuat anda stress cobalah untuk tertawa, tentunya bukan tertawa spontan dan tanpa sebab. Carilah bahan agar anda bisa melakukannya, seperti anda bisa browsing di internet gambar-gambar, video atau tulisan-tulisan yang bisa menggelitik anda. Bisa juga dengan berkelakar dengan teman sekantor dengan cara meluangkan waktu sedikit sambil minum kopi dan menceritakan kejadian-kejadian yang anda alami yang menurut anda lucu, ataupun pada saat berpapasan di ruang kerja sambil meledek teman yang tentunya tidak menyinggung perasaannya, sifatnya hanya candaan.


4.    Mendengarkan musik

Cara lain menghilangkan stress salah satunya adalah mendengarkan musik favorit anda.
Musik akan mengeluarkan gelombang radio yang dapat mempengaruhi kinerja otak anda. Hal ini dapat kita buktikan dengan anda mendengarkan lagu rock dan lagu pop. Lagu rock akan membuat anda lebih aktif, sementara lagu pop membuat anda lebih tenang. Ini memang tergantung dari selera masing-masing, hanya dengan mendengarkan musik anda akan merasa lebih tenang, dapat meningkatkan mood kerja, serta menghasilkan ide-ide yang baik.


5.    Olahraga

Sempatkan waktu untuk berolah raga yang dapat mengeluarkan keringat anda. Banyak jenis olah raga yang bisa anda lakukan. Jika anda suka bergaul atau bertemu dengan orang, anda dapat melakukan olah raga yang harus dilakukan dengan orang lain, baik yang sifatnya team atau satu lawan satu, misalnya bulu tangkis atau anda lebih suka yang rame pemainnya anda dapat melakukan olah raga sepak bola, basket, volley dan lainnya. Namun jika anda suka menyendiri anda bisa melakukan olah raga seperti lari, fitness, renang dan sebagainya.

Ada banyak orang yang sangat mencintai pekerjaannya sehingga lupa waktu untuk melakukan aktifitas lainnya yang sering kita dengar dengan sebutan workaholic. Dan ada juga karena tingkat kesibukan yang sangat tinggi seperti mereka yang pekerjaanya sering keluar negri atau mereka-mereka yang tempat tinggalnya jauh dari rumah, sehingga waktunya banyak habis di jalan. Pergi sebelum matahari terbit dan pulang setelah matahari tenggelam. Untuk anda yang termasuk kedalam golongan ini anda dapat menurunkan strees dengan melakukan sedikit perenggangan pada saat bekerja. Cobalah untuk meluangkan waktu beberapa menit melakukan perenggangan sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar ke seluruh bagian tubuh dan juga otak. Ini akan membuat anda lebih rileks dan juga menurunkan tingkat stress.


6.    Buat tempat kerjamu senyaman mungkin

Kondisi tempat kerja yang tidak nyaman, berantakan, kotor, serta bau tentu tidak akan membantu anda untuk menjadi lebih fokus dalam pekerjaan melainkan membuat anda menjadi stress. Oleh karena itu buatlah meja kerja anda rapi dan senyaman mungkin. Anda bisa lakukan dengan cara meletakkan benda-benda yang bisa memacu semagat anda misalnya foto keluarga, teman, atau bahkan pajangan yang tidak makan tempat, seperti miniatur mobil, bunga, atau aquarium jika meja kerja atau ruangan anda cukup.


7.    Gunakan waktu libur dengan efektif dan efisien

Setelah anda bekerja seharian dan berhari-hari, cobalah untuk merencanakan kegiatan untuk mengisi waktu libur anda. Jika ada memiliki libur yang cukup panjang anda dapat merencanakan liburan keluar kota yang belum pernah anda kunjungi, bisa juga waktu libur anda dengan berkunjung kerumah saudara atau teman-teman. Yang jelas jangan berlibur dengan tujuan yang tidak pasti, dan anggaran yang melebihi batas kemampuan anda.


Dalam perencanaan liburan keluar kota, ada beberapa hal yang harus anda persiapkan, seperti budget/berapa anggaran yang disiapkan, kota tujuan, jenis hiburan yang ingin anda nikmati, transportasi, dokumentasi dan akomodasi. Budget tidak selalu menjadi patokan membuat liburan menjadi lebih asyik. Banyak tempat-tempat yang yang asyik untuk dikunjungin dengan biaya yang murah. Ini bisa anda dapat dan pelajari dari pengalaman orang-orang yang menceritakannya dimedia sosial. 

8.    Menyalurkan Hobby/Hobi

Hobby/Hobi adalah kegiatan yang paling disukai seseorang yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran. Anda bisa meyalurkan hobi anda baik setelah pulang bekerja atau pada saat weekend.

Ada banyak hobi yang bisa anda geluti, misalnya hobi olah raga, koleksi barang, game, bercocok tanam, main musik, dan masih banyak lagi. Sekarang hobi yang marak dilakukan adalah game online. Hal ini disebabkan oleh perkembangan teknologi komunikasi yang semakin canggih. Hanya dengan satu smartphone anda bisa melakukan apa saja yang bisa anda inginkan, serasa dunia ditangan anda. Dengan bermodalkan satu smartphone saja anda bisa menyalurkan hobi dengan bermain game online dan mendapatkan penghasilan tambahan yang besar.


Terimakasih atas kesempatan anda untuk membaca artikel ini dan semoga dapat menambah wawan kita semua.

Terimakasih.







No comments:

Post a Comment